Back to LinuxMint – my desktop

Sore ini aku install ulang komputer di rumah dengan linuxmint. LinuxMint ini turunannya ubuntu dengan tambahan-tambahan aplikasi yang komplit untuk user desktop. support semua multimedia file, ini yang aku butuhkan he he he . .

Juga ada aplikasi beryl, 3D desktop di Linux.Gua boot komputer lewat CD trus gua install. Cukup lama, makanya gua tinggal nonton Indonesia vs korsel. Sayang Indonesia kalah 0 – 1. jadi gak lolos ke babak selanjutnya. Kasihan

back to linuxmint . .

udah selesai install . . . reboot dan Login . . . oops kok gak ada suaranya. soundcardku gak dideteksi oleh linuxmint. that’s trouble . . . .

Soundcrad ku Sound Blaster ISA gak dideteksi. wih ketahuan. hari gini masih pake soundcrad ISA. Maklum komputer ku PII 233 DELL tapi jangan salah harddisknya 40giga dan RAMnya 320Mb soundcradnya juga gak kalah sama yang PCI. soalnya merknya Creative ada Bass Treblenya dan builtin Amplifier . Jadi gak usah pake speaker aktive, langsung gua hubungkan ke LoudSpeaker SIMBA . . . suaranya cukup lumayan. he he he . . .

Aku cari-cari tempat untuk setting sound gak ketemu. aku coba perintah sndconfig kayak di mandriva gak ada . . . alsaconf juga gak ada . . . pusing

akhirnya aku coba cari module soundcardku di /lib :

root@eone:~# find /lib/ | grep snd
. . .
/lib/modules/2.6.20-15-generic/kernel/sound/isa/sb/snd-sb16.ko
/lib/modules/2.6.20-15-generic/kernel/sound/isa/sb/snd-sb16-csp.ko
/lib/modules/2.6.20-15-generic/kernel/sound/isa/sb/snd-es968.ko
/lib/modules/2.6.20-15-generic/kernel/sound/isa/sb/snd-sb8.ko
/lib/modules/2.6.20-15-generic/kernel/sound/isa/sb/snd-sbawe.ko
/lib/modules/2.6.20-15-generic/kernel/sound/isa/sb/snd-sb-common.ko
/lib/modules/2.6.20-15-generic/kernel/sound/isa/sb/snd-sb8-dsp.ko
/lib/modules/2.6.20-15-generic/kernel/sound/isa/sb/snd-emu8000-synth.ko
. . .
ketemu akhirnya kernel module soundcradku -> snd-sbawe.ko
tinggal load pake’ modprobe

root@eone:~# modprobe snd-sbawe
root@eone:~# lsmod
Module Size Used by
snd_sbawe 36864 0
snd_sb16_dsp 11776 1 snd_sbawe
snd_sb16_csp 20480 1 snd_sbawe
snd_sb_common 17792 3 snd_sbawe,snd_sb16_dsp,snd_sb16_csp

liat diatas, berhasil diload. akhirnya komputerku bisa bernyanyi ha ha ha . . .

dekstop.png

ada trouble lain di linuxmint. rmvb, yup file .rmvb tidak dimainkan dengan sempurna. antara audio dan videonya gak sinkron blas. kadang suarane ilang. Tapi tenang aku udah sreach di google dan nemuin solusinya

edit  file .xine/catalog.cache yang letaknya ada di home direktori.

kemuadian ubah decoder_priority dari 5 menjadi 10. liat dibawah

real_troble.png

Akhirnya KOmputerku bisa bernyanyi dan aku bisa liat anime favoritku yang kebanyakan .rmvb dengan lancar. 🙂

By iwansetiawan Posted in Linux

One comment on “Back to LinuxMint – my desktop

Tinggalkan Balasan

