Install Printer Canon pixma di Linux

Linux yang digunakan SAM Linux berbasis rpm, jadi bisa diterapkan unutk yang berbasis rpm sperti RedHat, Mandrake/Mandriva, PCLinuxOS dan lain-lain.

Printer yang diinstall Canon Pixma IP1700. tapi bisa juga untuk IP1600/IP1300. di coba dulu, drivernya pakai punya ip2200. Downloadnya di sini http://software.canon-europe.com/products/0010231.asp . untuk printer yang lain bisa dilihat disini http://openprinting.org/printer_list.cgi. bisa dicoba type yang lain, ntar kalau dah coba di sharing ilmunya.

Installasi

download, ekstrak dan install dengan perintah rpm -ivh. Tapi terlebih dahulu install libxml1 unutk user SAM Linux, paket ini dibutuhkan unutk installasi.

[root@localhost ip2200]# apt-get install libxml1
. . .
[root@localhost ip2200]# ls
iP2200_Linux_260.tar.gz*
[root@localhost ip2200]# tar -zxvf iP2200_Linux_260.tar.gz
cnijfilter-common-2.60-1.i386.rpm
cnijfilter-common-2.60-1.src.rpm
cnijfilter-ip2200-2.60-1.i386.rpm
cnijfilter-ip2200-lprng-2.60-1.i386.rpm
[root@localhost ip2200]# rpm -ivh cnijfilter-common-2.60-1.i386.rpm
. . .
[root@localhost ip2200]# rpm -ivh cnijfilter-ip2200-2.60-1.i386.rpm
. . .
[root@localhost ip2200]# rpm -ivh cnijfilter-ip2200-lprng-2.60-1.i386.rpm
. . .
[root@localhost ip2200]#

Edit file ppd nya. biar sesuai dengan printernya. tapi gak diedit juga gak apa2

letak filenya : /usr/share/cups/model/canonip2200.ppd

edit baris berikut
*MaxMediaWidth: “612”
*MaxMediaHeight: “1656”
menjadi
*MaxMediaWidth: “215”
*MaxMediaHeight: “584”

kemudian edit juga baris ini
*OpenUI *Resolution/Output Resolution: PickOne
*DefaultResolution: 600
*Resolution 600/600 dpi: “<</HWResolution[600 600]>>setpagedevice”
*CloseUI: *Resolution

menjadi
*OpenUI *Resolution/Output Resolution: PickOne
*DefaultResolution: 600
*Resolution 600/600 dpi: “<</HWResolution[600 600]>>setpagedevice”
*Resolution 1200/1200 dpi: “<</HWResolution[1200 1200]>>setpagedevice”
*Resolution 2400/2400 dpi: “<</HWResolution[2400 2400]>>setpagedevice”
*CloseUI: *Resolution

dan yang terakhir tambah baris berikut
*OpenUI *CNQuality/Quality: PickOne
*DefaultCNQuality: 3
*CNQuality 2/High: “2”
*CNQuality 3/Normal: “3”
*CNQuality 4/Standard: “4”
*CNQuality 5/Economy: “5”
*CloseUI: *CNQuality

Simpan file. kemudian restart CUPS.

[root@localhost ip2200]# /etc/init.d/cups restart
Stopping CUPS printing system: [ OK ]
Starting CUPS printing system: [ OK ]
[root@localhost ip2200]#

nyalakan printer dan hubungkan ke computer. Buka browser dan ketikkan localhost:631. install printernya . . .
klik pada tab Administrations. pasti printermu dah nongol disana. tinggal klik Add This Printer. Selesai . . . terusno dewe . . 🙂

install_printer-1.png

untuk ubuntu user ada disini :
http://mambo.kuhp.kyoto-u.ac.jp/~takushi/#canon

paket yang dibutuhkan :
http://mambo.kuhp.kyoto-u.ac.jp/~takushi/ubuntu/libcnbj-2.6_0-1_i386.deb
http://mambo.kuhp.kyoto-u.ac.jp/~takushi/ubuntu/bjfilter-2.6_1-1_i386.deb
http://mambo.kuhp.kyoto-u.ac.jp/~takushi/ubuntu/pstocanonbj_3.3-1_i386.deb

download semua dan install

# dpkg -i *.deb

jika ada error dependencies jalankan:

# apt-get install -f

install sekali lagi. semoga membantu 🙂

Update 8 September 2008

driver canon ip1880 untuk ubuntu feisty dan gutsy

.DEB
cnijfilter-common_2.70-2_i386
cnijfilter-ip1800series_2.70-2_i386

.RPM
cnijfilter-common-2.70-1.i386
cnijfilter-ip1800series-2.70-1.i386

driver canon ip1880 untuk ubuntu Hardy

http://home.btconnect.com/jerryf/

By iwansetiawan Posted in Linux

60 comments on “Install Printer Canon pixma di Linux

  1. mas untuk sharing printernya gmn yach caranya,….
    aku dah coba lewat ini http://localhost:631/admin tapi g` muncul di network.Untuk sharing folder atau file nya dah berhasil tapi untuk printernya belum.kasih tutorialnya donk mas.

  2. Kenapa ya di Ubuntu versi 7.04 muncul error :
    root@KAS1:/home/superuser/Desktop/iP2200_Linux_260# rpm -ivh cnijfilter-common-2.60-1.i386.rpm
    error: Failed dependencies:
    /bin/sh is needed by cnijfilter-common-2.60-1.i386
    gtk+ is needed by cnijfilter-common-2.60-1.i386
    libc.so.6 is needed by cnijfilter-common-2.60-1.i386
    libc.so.6(GLIBC_2.0) is needed by cnijfilter-common-2.60-1.i386
    libc.so.6(GLIBC_2.1) is needed by cnijfilter-common-2.60-1.i386
    libc.so.6(GLIBC_2.3) is needed by cnijfilter-common-2.60-1.i386
    libcups.so.2 is needed by cnijfilter-common-2.60-1.i386
    libpopt.so.0 is needed by cnijfilter-common-2.60-1.i386
    libtiff is needed by cnijfilter-common-2.60-1.i386
    libxml is needed by cnijfilter-common-2.60-1.i386
    root@KAS1:/home/superuser/Desktop/iP2200_Linux_260#

    padahal semua dependenciesnya udah diinstall. Dan saya coba ubah jadi *.deb memakai ALIEN dan udah dinstall namun masih ada errornya.

  3. Oh iya di properties printer statusnya : Ready: No %%BoundingBox: comment in header!. sebelumnya terima kasih.

  4. mas tolong nih saya punya masalah.
    sy baru aja install ubuntu 7.04 udah punya 4 dvd repository.pertanyaan saya:
    1. gimana y install repository.
    sy ketik perintah $sudo apt-cdrom add kok gk bisa y ngeadd
    repositorynya.. trus ada error gini :
    Using CD-ROM mount point /cdrom/
    Unmounting CD-ROM
    Waiting for disc…
    Please insert a Disc in the drive and press enter
    Mounting CD-ROM…
    E: Failed to mount the cdrom.

    padahal isi cdrom uda otomatis ke detect di /media/cdrom0

    2. trus sy ingin buat 1 server yg mana server itu isinya
    repository(penampung),jd komputer lain gk perlu diinstall
    satu2x repositorynya.

    plz bantuannya… kirim ke email sy y :tofun_online@yahoo.com

  5. Mas Iwan saya sudah dukses install printer, kedetksi ok, print test page juga oke,

    Tapi kenapa ya kalu ngeprint dari aplikasi enggak mau, misalnya dari openoffice atau yg lainnya gak suskses ngeprintnya, printernya diem aja. :((

    Tolong dong.

    Thx

  6. Pake linux apa mas.

    Kalau yang pernah saya alami menggunakan linuxmint turunannya ubuntu memang openoffice tidak bisa ngeprint. Itu terjadi setelah saya lakukan update (apt-get update). Jadi sekarang setelah install linuxmint openofficenya tidak saya update. Kalau udah terlanjur di remove aja trus di install dari paket aslinya. caranya ada di tulisan saya yang lalu :

    https://iwansetiawan.wordpress.com/2007/08/17/bug-openoffice-tidak-bisa-mencetakngeprint-di-linuxmint-30-ubuntu-704/

  7. mas iwan saya mau minta tolong…
    ini masalah wvdial / ppp

    saya menggunakan HP siemens mc60 dan kabel data serial (com1/ttys0) utk konek ke internet, di windows ga masalah tapi di linux (saya dah coba pake ubuntu, pclinuxos, pinux, slaxware, dan zenwalk) hasilnya tetep sama, saya sampe stress dibuatnya..
    waktu saya konek pake wvdial atau kppp atau gnomeppp muncul pesan CONECT, waiting for carier… trus muncul muncul kode2 yang saya tidak kenal selama berulang-ulang dan terus menerus…. al hasil saya tidak sampai mendapatkan no ip server, intinya pc saya ga bisa konek ke server….
    Bisa minta tolong kasih petunjuk…
    sebelumnya makasih banyak…
    buat temen2 yang tahu solusinya bisa kirim artikelnya ke..
    yupikoo@yahoo.com

  8. wah . . .

    belum bisa bantu nih.
    soalnya belum pernah coba pake gprs modem di linux. ingin coba sih, tapi nggak ada hp gprs.

    bantu searching aja, nanti kalau dah dapat aku kasih tahu.

    🙂

  9. mohon sekali pencerahannya mas….
    saya memakai cannon ip1300 dan sudah diinstall driver ip2200 ver.2.60 (memakai tutorial yg mas berikan)
    namun bila test print… mengapa ga ada tulisan sama sekali alias “blank page”….. terima kasih sebelumnya mas atas bantuannya..

  10. Aku belum pernah mengalami yang seperti ini.

    nggak bisa buat test print aja atau ngeprint dari document juga nggak bisa.

    pakai linux apa ?

    coba di hapus trus diinstall lagi.

  11. Kalo gitu ada unek2 lagi neeeh…
    sy udah kenal linux dari th 2003 tp msh bego jg neeh…
    sy pny angan2 pengen oprek linux biar pas dg kondisi di skitar sy, yang sy pengen, bikin linux yg sesederhana mungkin shg kl ada org yg pengen cb linux sy tuh dah ga trlalu asing/susah, istilahnya biar user friendly gitu…
    dari berbagai distro yg pernah sy cb blm ada yg bener2 pas.. sy pengen tahu cara edit / remastering suatu distro (misal redhat based atau debian based) gimana caranya…?? mungkin temen2 yg laen jg banyak yg pny angan2 yg sama dg sy… mohon bantuannya

  12. terima kasih mas udah merespon…

    saya memakai ubuntu feisty…
    1.saya coba instal dari http://mambo.kuhp.kyoto-u.ac.jp/~takushi/#canon….file ip2200.ppd pada usr/share/cups/model tidak muncul…malah munculnya di etc/share/cups/ppd. dan add printer baru sukses bila test print atau openoffice printer berjalan normal namun ‘blank page’ kertasnya kosong

    2.lalu saya uninstall dari sypnatic …saya coba dari http://software.canon-europe.com/products/0010231.asp lalu file *.rpmnya saya convert *.deb dengan alien lalu saya melakukan instal kembali…..
    pada usr/share/cups/model muncul file ip2200.ppd namun bila saya memilih driver file ip2200.ppd ataupun ip2200 ver.2.60, printer dapat berjalan normal namun ‘blank page’ alias kosong baik test print maupun dari openoffice.

    3.kalau saya tidak salah pada device printer muncul ‘device:unwrite file/..(saya lupa)….failed

    4.’hanya ungkapan bathin’ saya sudah oprat-opret driver ip2200 udah satu bulan lebih lamanya semua treatment saya coba berulang ulang … serasa hati yang lelah ingin kembali lagi ke OS prophreatry namun saran temen temen diubuntu dan milis linux lainnya ‘jangan dan pantang menyerah karena 1 user linux sangat berguna bagi komunitas linux indonesia mematahkan dominasi OS prophreatary’… yah, kali aja mas iwan suatu saat dapat informasi baik pribadi maupun dari milis milis yang ada….mohon bantuan infonya mas….terima kasih

  13. mas aku pakek Linux XP anakan red hat
    gimana tuh instal Driver printer tuk Canon iP1700
    dan gimana buat sharing printernya

    tolong di kasih jawaban yang enak gituuu

  14. Download aja langsung paketnya iP2200_Linux_260.tar.gz, formatnya kan sudah rpm jadi tinggal nginstall

    downloadnya disini
    http://software.canon-europe.com/products/0010231.asp

    ekstrak dan install

    # tar -zxvf iP2200_Linux_260.tar.gz
    # rpm -ivh cnijfilter-common-2.60-1.i386.rpm
    # rpm -ivh cnijfilter-ip2200-2.60-1.i386.rpm
    # rpm -ivh cnijfilter-ip2200-lprng-2.60-1.i386.rpm

    untuk sharing printernya buka di browser

    http://localhost:631/admin

    kemudian centang “Share published printers connected to this system”

    klik “Change Settings”

    di komputer client di centang yang bagian “Show printers shared by other systems”

    nongol dah printernya di komputer client

    http://localhost:631/printers/

    jika ada error kasih tau aku, soalnya aku juga belum pernah coba Linux XP.

    semoga membantu 🙂

  15. download drivernya di http://www.canon.com.sg/ support & download

    ada dua file cnijfilter-common-2.70-1.i386 dan cnijfilter-ip1800series-2.70-1.i386

    untuk linux rpm based (mandriva, pclinuxos, sam linux , etc) langsung saja di install

    # rpm -ivh cnijfilter-common-2.70-1.i386.rpm
    # rpm -ivh cnijfilter-ip1800series-2.70-1.i386.rpm

    untuk debian based (debian, ubuntu, limuxmint, etc)
    ubah dulu .rpm menjadi .deb pakai alien

    # apt-get install alien
    # alien -k cnijfilter-common-2.70-1.i386.rpm
    # alien -k cnijfilter-ip1800series-2.70-1.i386.rpm

    install

    # dpkg -i cnijfilter-common_2.70-1_i386.rpm
    # dpkg -i cnijfilter-ip1800series_2.70-1_i386.rpm

    tambahkan dan sharing printer di http://localhost:631 seperti sebelumnya.

    have fun. 🙂

  16. Kalo ip2200 dan variantnya(ip1700 dan 1800) itu udah dibawa ama gutsy, jadi ngga perlu panik.tancep langsung detect, pilih ajah canon dan pake yg ip2200, sdh terbukti, nah kalo ip1500 baru masalah… heuehuuheu ampe mampus pake alien dan ambil ppd nya juga ngga bisa, baru bsia di turunannya redhat a.k.a fedora. ada solusi?

  17. mas gimana cara install drivernya? apa harus masuk di terminal commond.terus cara sharingnya gimana?maaf ya mas soalnya aku baru pertama ini pake linux

  18. Tuh kata mas Hatake di Ubuntu gutsy sudah suport, coba aja dulu. aku juga baru tau, soalnya aku masih pakai feisty.

    kalau linux yang lain coba saja seperti cara diatas, baca blognya sampai komentar2nya juga.

    kalau mau nginstall masuk ke terminal.
    kemudian jadi root. di ubuntu pakai “sudo -i” kemudian masukkan password

    iwan@eone:~$ sudo -i
    Password:
    root@eone:~#

    install paketnya seperti diatas

    kalau mau add printer dan sharing printer buka browser dan ketikkan

    http://localhost:631

    have fun 🙂

  19. mas aku punya printer CanonIp1880 and aku pasang diserver yang berbasis windows xp. nah aku ndak tau caranya tuk sharing and driver yang cocok karena semua client ku pake’ LINUX XP
    gimana tuh cara sharing and dimana ato hrs download dimana biar aku bisa dapet driver ip1880 ku itu
    yang buat linux ya boz

  20. Di Windows printernya di sharing dulu, trus di linuxnya di add printer. pada bagian Device: dipilih “Windows Printer via SAMBA”. di coba dulu aja, soalnya aku juga belum coba. nggak ada windows di tempatku soalnya. ntar kalau sudah aku coba tak posting . . .

    have fun 🙂

  21. Hi Mas Iwan,
    salam kenal, saya Ketut Kartika dari Bali. Kami di kantor sedang proses migrasi OS ke Linux. Ngeset printer semalaman begadang belum bisa, tapi akhirnya setelah browsing ketemu artikelnya Mas Iwan, printer saya IP1600 jadi bisa nge-print.
    Trims banyak !!!

  22. Trims tutorx
    Sy install u ip1700 & brhasil , tapi ktika file ppd sy tambah
    *OpenUI *CNQuality/Quality: PickOne
    *DefaultCNQuality: 3
    *CNQuality 2/High: “2″
    *CNQuality 3/Normal: “3″
    *CNQuality 4/Standard: “4″
    *CNQuality 5/Economy: “5″
    *CloseUI: *CNQuality
    tidak bisa ngeprint.
    ???
    Terima kasih

  23. mas klo cara pake alien gmn…..
    saya coba2 ulik tapi masih bingung…
    ada ga cara bwat install printer canon i255….
    hatur nuhun…

  24. salam
    mas iwan boleh saya bertanya
    beberapa hari lalu saya merubah os windows ke pclinuxos 2007
    saya masih sangat awam sekali masalah linux ini jadi ada beberapa permasalahan yang timbul :
    1. bagaimana langkah-langkah menginstal printer canon PIXMA iP1700, kalo bisa dijelaskan secara detil
    2. bagaimana menampilkan effec 3D karena yang saya baca pclinuxos 2007 bisa 3D
    Atas jawabannya, penjelasannya, serta bantuaanya saya ucapkan terima kasih
    (klo bisa email mghee_ptk@yahoo.co.id)

  25. KAng..mo tny nich,gmn dapatkan driver printer Canon Pixma IP1880 for Linux cz ane nginstal MAndriva 2006 tapi printerny g mo jalan di linux..Mybe Kakang-kakang or suhu-suhu Linux di sini dapat membantu kasih info ato alamat web ttg driver printer di atas.

    Ato klo dah ada yg punya, tolong dikirim paketnay via email ke : arex_babat@yahoo.com

    thank b4 Kang!!!

  26. Mas iwan thanks ya sarannya…..
    aku sekarang lagi belajar linux klo btuh apa aku bisa tanya mas iwan to….?

  27. slm kenal dr diBa, mas iwan..
    moga lg OL..
    mw minta tlg, printer office rusak merk Canon PIXMA iP 1600, ngga bs ngeprint..
    mohon dibantu, jika berkenan tlg hub k no 021-98739123..
    sy tunggu, trims b4..

  28. Mas Iwan,
    Help pls, udah install ip1880 pake semua paket deb yang ada, tapi sewaktu print ke ip1880 yang dishare melalui windows xp, cuman keluar spooling document aja di print job di pc yg winxp itu, tapi printernya sendiri gak print apa-apa.

    Apa yg salah yah? Dah install libglib1.2, libxml dan file2 lain yg dibutuhkan. apa yg kurang ya,…thx

  29. resetter Blinking printer EPSON dan CANON

    Pada Printer Canon Inkjet Type i250, i255, i320, i350, i355, PIXMA ip1000, ip1500 dan sekelasnya, Jumlah pencetakannya akan selalu diakumulasikan hingga batas tertentu. Dan bila sudah mencapai batas yang ditetapkan, maka akan Overload dengan ditandai lampu LED menyala secara bergantian atau disebut dengan BLINKING.

    Jika hal ini terjadi, maka Mau tidak mau printer harus dibawa ke service center Canon. Hal ini tidak masalah jika rumah kita Dekat atau satu kota. Lalu bagaimana jika Rumah Kita Di Luar Kota atau bahkan di Luar Pulau?????

    Solusinya anda HARUS MEMILIKI SENDIRI software CANON RESETTER

    Kabar Baik Untuk ANDA

    Kini, anda tidak perlu bingung lagi kemana harus mencari program tersebut. karena semua petunjuk lengkap dan program untuk memperbaiki Printer Canon Anda sudah kami siapkan dan bisa anda Dapatkan SAAT INI JUGA.

    download reset tool : indoresetter.blogspot.com

  30. mas, mau tanya printer canon ip1700, saya sudah pake cara yg di atas ko g bisa2… mohon pencerahannya, trus suka ada yg brokencount dependesinya g ada, jd systemnya g mau??? mohon pencerahannya

  31. Thank you for taking the occasion to approach this idea. I’m pleased I found your site on this subject. I’m doing research on this interest right now and this contributed. Keep up the valuable work.

  32. Ping-balik: Printer kompatibel di GNU/linux | Panduan Dasar GNU/Linux

Tinggalkan Balasan

