Belajar PHP-GTK

Rencana mau bikin billing client. karena sudah familiar dengan PHP aku pilih belajar PHP-GTK, pemrogram GUI di Linux.

Installasi PHP-GTK di ubuntu feisty:

# apt-get install php5-cli libglade2-0 libgtksourceview1.0-0
# wget
http://quinton.free.fr/php/gtk/packages/ubuntu-feisty/php5-gtk2_5.2.1-2.deb
# dpkg -i php5-gtk2_5.2.1-2.deb

test php-gtk
# php -q /usr/share/doc/php5-gtk2/examples/flowers-oo.php

sumber : instalasi-php-gtk-ubuntu-edgy

Applikasi Pertama “Hello world”

Tutorialnya ada disini -> Hello World Tutorial

Contoh Applikasi Kiosk

Alamatnya disini -> Kiosk

Note:

Setelah aku install php-gtk ternyata PHP-Apache jadi nggak bisa jalan. Ketika aku menjalan file .php dari browser hanya tampilan kosong (blank page) yang aku dapat.

Setelah Aku searching di google, ternyata memang terjadi konflik php-gtk module dengan php-apache. disitu dijelaskan aku harus menghapus/memindah file /etc/php5/conf.d/php_gtk2.so ke tempat lain

# rm /etc/php5/conf.d/php_gtk2.so
# /etc/init.d/apache2 force-reload

Memang php-apache bisa berjalan lagi, tapi php-gtk jadi nggak jalan. Setelah Aku teliti ternyata /etc/php5/apache2/conf.d dan /etc/php5/cli/conf.d melink ketempat yang sama /etc/php5/conf.d. Jelas saja Apache menjadi error karena meload module php_gtk2.so

PHP-Apache and PHP-GTK work together

biar keduanya bisa jalan hapus php_gtk2.so dari /etc/php5/conf.d dan tambahkan baris “extension=php_gtk2.so” pada file /etc/php5/cli/php.ini

# rm /etc/php5/conf.d/php_gtk2.so
# echo “” >> /etc/php5/cli/php.ini
# echo “extension=php_gtk2.so” >> /etc/php5/cli/php.ini

5 comments on “Belajar PHP-GTK

  1. Hmmmm, mtur thenkyu ya b0z, ntar aq coba duech, aq pengen banget bljr PHP+Gtk,

    o yah bLeh request ndak? ada punya ndak tutor J2ME yg bwat pemula :-p

    o ya, sblmnya salam knal yoa b0z…

Tinggalkan Balasan

